Orang Tua dan Perkembangan Anak
Oleh : Abdul Rahman Shaleh
Pada masa peka anak-anak mendapatkan dorongan dari dalam dirinya untuk secara mandiri menguasai pengalaman-pengalaman tertentu. Tugas orang tua menurut Montessori bukanlah mengajar secara langsung tetapi menghargai usaha anak untuk secara mandiri menguasai pengalaman-pengalaman itu. Orang tua dapat memantau minat-minat anak dan memfasilitasi anak untuk memenuhi minat-minat anak tersebut
Apa yang diperlukan seorang anak dalam melewati masa emasnya ialah kemandirian dalam perkembangan. Montessori menuliskan sebagai berikut “Mereka harus dibantu memperoleh kemandirian melalui lingkungannya. Merekaharus diberikan kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong kemandirian. Mereka tidak boleh dibantu orang lain untuk melakukan sesuatu yang sebenarnya mereka sendiri dapat melakukan.. Mereka harus diajarkan untuk mampu membantu dirinya sendiri seperti memasang kancing, membuka menutup retsleting, menyimpan sepatu dan lain-lain yang dapat membantu dirinya untuk menjadi mandiri.” Semua alat bermain dan furniture harus memiliki ukuran yang sesuai dengan anak. Hal ini akan membuat mereka dapat mengendalikan alat bermain tersebut. Sehingga mereka akan merasa nyaman dan aman melakukan segala aktifitas yang mereka inginkan. Anak harus dibantu untuk mengembangkan kemauan (tekad dan daya juang) dengan cara melatih mereka mengkoordinasikan tindakannya untuk mencapai suatu tujuan yang tertentu yang harus mereka capai. Anak harus dibantu mengembangkan disiplindengan cara memberikan kesempatan/peluang kepada mereka untuk melakukan aktifitas konstruktif. Anak harus dibantu mengembangkan pemahaman merekatentang baik dan buruk”.
Agar kemandirian ini dapat mereka capai diperlukan prinsip utama pembelajaran, yaitu kebebasan Montessori mengatakan, “Real freedom …. Is a concequence of development”. Montessori mengatakan, “Jika anak di hadapkan pada lingkungan yang tepat, dan memberikan peluang kepada mereka unuk secara bebas merespon secara individual terhadap lingkungan tersebut, maka pertumbuhan alami anak terbuka dalam kehidupan mereka”.
Pada titik ini, tugas orangtua dan orang dewasa lainnya hanya menfasilitasi sejumlah pilihan dan membiarkannya memilih cara untuk berkembang. Kata kunci untuk orangtua adalah mencintai, menyayangi, memperhatikan, dan memberikan pilihan untuk stimulasi dan membuat anak bergerak aktif. Memberikan dorongan dan menghargai pilihan anak, dan aktivitasnya juga merupakan bentuk dukungan orangtua untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi anak. Oleh karenanya, berikan kebebasan dan penghargaan bagi anak dalam setiap tahap perkembangannya dengan menjadi teman bermain anak. Jika ini bisa dilakukan, meskipun hanya 30 menit yang berkualitas, niscaya anak-anak kita akan berkembang akan mencapai kemandiriannya secara unik, karena memang ia unik.
Bahan Bacaan :
Maria Montessori. 1912. The Montessori Methods.New York : Frederick A Stocks.
Carolyn Pope Edwards. 2002. Three Approaches from Europe. Spring. Volume 4 Number 1
0 komentar:
Posting Komentar